Biaya Cor per Meter Terbaru dan Terlengkap Update 2023

Your Ads Here

 

Dalam proses pembangunan rumah ada yang namanya pengecoran beton atau cor beton. Pengecoran beton adalah proses menuangkan besi beton ke suatu permukaan. Proses ini bisa ditemukan di pembangunan proyek-proyek, termasuk dalam membangun rumah.
Bagi Anda yang berencana membangun rumah, ada baiknya untuk mengetahui biaya cor per meter, agar Anda bisa merencanakan RAB dengan seksama. Biaya cor per meter sendiri bisa dibilang bervariasi. Oleh karena itu, artikel kali ini akan membahas tentang harga terbaru biaya cor per meter, berikut pembahasannya:
  • Biaya Cor per Meter
  • Daftar Biaya Cor Dak Lantai Sesuai Jenis Mutu/Klass Beton
  • Mutu Beton yang Bagus untuk Cor Dak Lantai Rumah
  • Harga Borongan Dak Beton per Meter

Biaya Cor per Meter


Biaya cor per meter, merupakan metode pengerjaan dak dengan cara mengecor bagian lantainya berdasarkan hitungan per meter persegi. Kontraktor, nantinya akan mempersiapkan segala kebutuhan yang diperlukan sebelum mulai menjalankan pengecoran.
Salah satunya, adalah menghitung bagian atap bangunan atau lokasi dimana tempat pembuatan cor akan dilakukan. Supaya lebih mudah memahaminya, anggaplah rumah tempat tinggal Anda memiliki atap dengan panjang 8 meter, lebarnya 10 meter, perhitungan yang dibutuhkan yaitu sebesar 8 x 10= 80 m2.
Langkah berikutnya, melakukan pemesanan material bahan cor sesuai dengan teknik yang telah disepakati bersama dengan pemilik rumah. Supaya Anda lebih memahami jenis-jenis dari cor rumah, berikut penjelasannya:

1. Cor Dak Lantai Beton per Meter

Setiap daerah, pastinya memiliki patokan atau standar harga pengerjaan cor dak lantainya masing-masing. Hal tersebut, dipengaruhi oleh harga bahan material yang ada di daerah tempat pembuatan cor berlangsung. Selain itu, ongkos upah pekerjanya juga berbeda.
Kisaran harga untuk pembelian beton K300 per meter, dikenakan biaya sebesar Rp880 ribu. Sedangkan untuk beton kelas K225, dibanderol dengan harga yang lebih murah yaitu Rp840 ribu untuk satuan meter.
Berikutnya, ada biaya bekisting serta pembelian besi untuk pengecoran dak lantai beton menggunakan kelas K225, dapat mencapai angka sebesar Rp418 ribu. Lalu, bila dijumlahkan dengan upah pekerjanya, setiap meternya butuh uang hingga Rp748 ribu.
Selanjutnya masih dalam pengerjaan cor dak lantai beton dengan varian kelas K300, upah pekerja dan kondektur per meternya dikenakan Rp 250.000,-. Kemudian, biaya bekisting plus besinya ada di angka Rp 418 ribu. Sehingga, total menjadi Rp753 ribu.

2. Cor Dak Hebel per Meter

Jenis cor dak hebel, dapat dengan mudah Anda temukan di aplikasi belanja online maupun dengan mendatangi kantor penyedia layanan pembangunan cor dak lantai. Sebagai contoh, biaya yang ditawarkan untuk daerah daerah Malang, yaitu Rp465 ribu
Angka tersebut berlaku untuk pemasangan panel lantai citicon. Daerah Purwokerto, menawarkan harga Rp510 ribu. Bagaimana dengan di Jakarta, biaya material hebel dikenakan tarif mencapai Rp 424 ribuan belum termasuk ongkir dan upah pekerja.
Di daerah Jakarta Timur untuk hebel atau bata ringan yang telah mendapatkan sertifikasi SNI multicon ini, dibanderol dengan harga Rp485 ribu. Akan tetapi, untuk model cor dak hebel ini, sebaiknya Anda memilih pekerja ahli karena banyak sekali bahan hebel yang dijual dengan kode-kode tertentu.

Daftar Biaya Cor Dak Lantai Sesuai Jenis Mutu/Klass Beton


Berikut daftar biaya cor dak lantai sesuai jenis mutu/klass beton:
K225 = Rp. 80.000
Rp250.000
Rp418.000
Rp748.000
K250 = Rp. 82.000
Rp250.000
Rp418.000
Rp750.000
K275 = Rp. 84.000
Rp250.000
Rp418.000
Rp752.000
K300 = Rp. 86.000
Rp250.000
Rp418.000
Rp754.000
Catatan:
  • Harga setiap mutu diatas adalah untuk beton ready mix
  • Total biaya di atas hanya acuan dasar untuk acuan "RAB" saja, bisa berubah atau sama tergantung harga jenis material di setiap daerah
  • Harga di tabel belum termasuk sewa pompa beton (concrete pump) dan Trowel Beton

Mutu Beton yang Bagus untuk Cor Dak Lantai Rumah


Perlu Anda ketahui memilih mutu beton yang bagus tidak bisa asal atau sembarangan. Semakin rendah mutu yang Anda gunakan, harga beton pasti murah. Kemudian mutu tersebut semakin jelek, begitu juga sebaliknya. Semakin tinggi mutu yang Anda gunakan, harga semakin mahal dan mutu tersebut semakin bagus kualitasnya. Berikut contoh mutu beton pada dan biasa digunakan sesuai konstruksi.
B-0, K-175, K-200
Cor dasar lantai Lapisan beton Jalan bergelombang
Konstruksi non struktural
K-225, K-250, K-275
Dak rumah tinggal Lantai 1-2-3 Lantai kerja ringan
Konstruksi struktural
K-300, K- 325, K-350
Cakar ayam rumah Pondasi, Bore Pile Lantai dak 1-2-3-4-5-6
Konstruksi struktural
K-400, K-450, K-500
Parkir bus, fuso, truk, kendaraan besar Jalan utama, jalan kelas 1, Tol Pondasi gedung pencakar langit
Konstruksi extra struktural

Harga Borongan Dak Beton per Meter

Upah untuk pengambilan model borongan, memang terkesan jauh lebih mahal karena biaya yang dikeluarkan di awal lebih banyak. Namun, sebenarnya hal tersebut jauh lebih hemat karena pihak pekerjalah yang akan mengatur uang tersebut supaya cukup hingga akhir pengerjaan.
Terlebih, Anda tidak perlu lagi repot-repot mengatur konsumsi para pekerja setiap harinya. Umumnya, dengan jumlah tertentu yang telah disepakati di awal, harga sudah termasuk dengan biaya makan.
Secara keseluruhan biaya borongan untuk upah dak beton per meter, dikenakan biaya sebesar Rp250 ribu per meter perseginya. Hanya saja, biaya tersebut belum termasuk dengan biaya konsumsi pekerja.

Your Ads Here

Your Ads Here

Your Ads Here

Your Ads Here

Newer Posts Newer Posts Older Posts Older Posts

Related Posts

Your Ads Here

Comments

Post a Comment