6 Cara Cek Tagihan Listrik Online Lewat Hp, Secara Mudah Cepat dan Gak Ribet Update 2023

Your Ads Here

Cek tagihan listrik online lewat HP ada banyak caranya. Mulai dari menggunakan aplikasi PLN Mobile, SMS, Call Center, dan masih banyak lagi. Namun sayangnya, tidak banyak orang mengetahui hal itu.

Akibatnya tidak heran kalau tagihan listrik bisa jadi membengkak karena telat bayar dan sebagainya. Padahal mengecek tagihan listrik bisa hanya menggunakan jentikan jari di HP. Supaya terhindar dari hal-hal seperti itu, artikel ini pun akan membahas mengenai:
  1. Cek Tagihan Listrik Online Lewat HP Menggunakan PLN Mobile
  2. Cek Tagihan Listrik Online Lewat HP via SMS
  3. Cek Tagihan Listrik Online Lewat HP via Call Center PLN
  4. Cek Tagihan Listrik Online Lewat HP via Email
  5. Cek Tagihan Listrik Online Lewat HP via Mobile Banking
  6. Cek Tagihan Listrik Online Lewat HP via E-commerce

1. Cek Tagihan Listrik Online Lewat HP Menggunakan PLN Mobile

Untuk mengecek tagihan listrik online lewat HP pertama adalah menggunakan PLN Mobile. Aplikasi ini merupakan aplikasi resmi dari PLN. Tidak hanya digunakan untuk mengecek tagihan listrik, aplikasi ini juga bisa digunakan untuk mengecek riwayat pemakaian kwh listrik, transaksi token listrik, info lokasi pembayaran melalui banking, info status listrik, info progress permohonan, serta sarana pengaduan pelanggan.
Untuk mengecek tagihan listrik melalui PLN Mobile pun cukup mudah. Caranya dengan mengunduh aplikasi PLN Mobile di Playstore atau Appstore. Kemudian buka aplikasi yang telah diunduh dan pilih menu Informasi pada tab menu. Klik Informasi Tagihan dan Token Listrik. Masukkan ID Pelanggan atau Nomor Meteran Anda dan klik Cari. Nanti akan muncul status tagihan listrik Anda, beserta dengan nominalnya.

2. Cek Tagihan Listrik Online Lewat HP via SMS

Selain menggunakan aplikasi, cek tagihan listrik online lewat HP bisa dilakukan via SMS. Ada dua pilihan yang bisa digunakan, yakni mengecek tagihan listrik dalam kurun waktu 1 bulan dan cek tagihan secara berlangganan, atau artinya pelanggan berlangganan setiap bulan untuk mendapatkan informasi tagihan listrik.
Untuk mengecek tagihan listrik perbulan, Anda bisa mengirim SMS ke 8123 dengan format REK (spasi) Nomor ID Pelanggan Anda. Sementara untuk berlangganan pemberitahuan informasi tagihan listrik, format pesannya adalah PLN (spasi) ON (spasi) Nomor ID Pelanggan dan kirim ke 8123.
Jika ingin berhenti berlangganan pemberitahuan informasi tagihan listrik, format SMSnya adalah PLN (spasi) OFF (spasi) Nomor ID Pelanggan dan kirim ke 8123. Untuk menikmati fasilitas cek tagihan listrik via SMS ini biasanya dikenakan tarif Rp500 per smsnya dan belum termasuk PPN 10%.

3. Cek Tagihan Listrik Online Lewat HP via Call Center PLN

Cek tagihan listrik online lewat HP selanjutnya adalah via Call Center PLN. Cara ini terbilang mudah dan simpel, di mana Anda tinggal menghubungi call center PLN dan menanyakan perihal tagihan listrik Anda. Lakukan panggilan ke call center PLN di nomor 123 yang diawali dengan kode area. Contohnya, jika Anda tinggal di Jakarta dengan kode area 021, maka Anda perlu menelpon ke nomor 021123.
Setelah tersambung, ikuti petunjuk dari operator. Perlu dipahami, melakukan panggilan ke call center PLN dikenakan tarif telepon normal. Untuk itu, Anda perlu mempersiapkan pulsa yang cukup sebelum melakukan panggilan.

4. Cek Tagihan Listrik Online Lewat HP via Email

Mengecek tagihan listrik online lewat HP juga bisa dilakukan melalui email. Untuk mendapatkan email berisikan e-billing meliputi tagihan listrik, Anda harus terlebih dahulu terdaftar di e-billing PLN. Kalau dulu, caranya adalah bisa mendaftar langsung pada situs PLN. Tetapi karena ada perubahan pada laman tatap muka PLN, hal tersebut perlu ditanyakan terlebih dahulu melalui email di pln123@pln.co.id.

5. Cek Tagihan Listrik Online Lewat HP via Mobile Banking


Tidak banyak orang yang tahu kalau mengecek tagihan listrik online lewat HP juga bisa dilakukan melalui mobile banking. Tetapi setiap mobile banking menawarkan cara yang berbeda-beda.

1. BCA

Mobile banking BCA bisa dilakukan dengan membuka aplikasi BCA dan memasukkan username dan password. Lalu pilih m-payment. Kemudian pilih Publik/Utilitas, PLN, dan masukkan ID Pelanggan. Jika prosesnya lancar, nanti akan muncul detail tagihannya.

2. Mandiri

Sedangkan untuk mobile banking Mandiri ‘Livin’ by Mandiri’, cara mengeceknya adalah dengan membuka aplikasi Livin’ dan masuk dengan username dan password pengguna. Pilih menu Bayar dan klik PLN. Selanjutnya pilih PLN Postpaid. Masukkan ID Pelanggan PLN yang dimiliki dan akan terlihat jumlah tagihan listrik pada layar.

3. BRI

Untuk aplikasi mobile banking BRIMo beda lagi. Masuk ke aplikasi BRIMo dan isi username dan password. Klik Beli dan pilih Bayar. Kemudian, klik Tagihan Listrik PLN dan pilih Sumber Dana yang akan digunakan. Masukkan ID Pelanggan PLN dan saat klik Lanjut akan terlihat jumlah tagihan listrik di layar yang harus dibayarkan.

6. Cek Tagihan Listrik Online Lewat HP via E-Commerce

Cara selanjutnya untuk cek tagihan listrik online lewat HP adalah melalui e-commerce, dengan begitu Anda tidak perlu lagi pergi ke konter untuk mengecek tagihan listrik. Ada beberapa platform e-commerce yang bisa dimanfaatkan untuk mengecek tagihan listrik secara online.

1. Tokopedia

Anda bisa mengunjungi halaman utama, kemudian memilih PLN, dan klik Tagihan Listrik. Masukkan nomor ID Pelanggan pada kolom yang tersedia dan klik Bayar/Beli. Jika nomor pelanggan benar, maka akan muncul rincian tagihan listrik.

2. Shopee

Pada platform e-commerce Shopee, Anda bisa memilih menu Pulsa, Tagihan, & Tiket di halaman utama. Klik menu Tagihan dan pilih Listrik PLN. Kemudian isi Nomor ID Pelanggan dan Nomor Meter ID. Secara otomatis, rincian tagihan listrik pun akan tertera di layar.

3. Blibli

Buka situs atau aplikasi Blibli. Klik lambang Tagihan Listrik PLN dan masukkan nomor ID Pelanggan. Jika benar, maka akan muncul rincian biaya dan administrasi pada layar.

4. Bukalapak

Sama seperti platform e-commerce lainnya, caranya adalah dengan membuka aplikasi Bukalapak dan memilih opsi Tagihan Listrik. Masukkan Nomor ID Pelanggan yang dimiliki atau nomor meter. Selanjutnya, klik Beli/Bayar. Secara otomatis, tagihan listrik pun akan tertera pada layar HP.



 

Your Ads Here

Your Ads Here

Your Ads Here

Your Ads Here

Newer Posts Newer Posts Older Posts Older Posts

Related Posts

Your Ads Here

Comments

Post a Comment